Penulis : Syukria Raffa | Editor : Tri Murti Wibisono , Rendi Prasetyo

sumber : M. Yasin A.

Perssuara5 – SMA Negeri 5 Depok memiliki banyaknya program yang dilaksanakan setiap tahunnya, salah satunya adalah program screening kesehatan bagi peserta didik. Program ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan bagi para siswa/siswi SMA Negeri 5 Depok. Hal ini karena kesehatan memberikan pengaruh besar terhadap kegiatan belajar bagi peserta didik. Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan para peserta didik mampu mengikuti kegiatan belajar secara maksimal.

sumber : M. Yasin A.

Pada kesempatan kali ini, SMA Negeri 5 Depok bekerja sama dengan UPTD Puskesmas Pengasinan, untuk memeriksa para peserta didik. Terdapat serangkaian kegiatan yang dilakukan saat Screening Kesehatan berlangsung, yaitu meliputi pemeriksaan fisik dan penunjang oleh tenaga kesehatan bersama dengan kader kesehatan remaja (anggota PMR) dan guru, serta pengisian kuesioner yang telah disediakan oleh anggota PMR dalam selembar kertas. Kegiatan ini dilaksanakan untuk memenuhi persyaratan standar minimal pelayanan bidang kesehatan dan program UKS.

sumber : M. Yasin A.

Program Screening Kesehatan Sekolah dilaksanakan pada Rabu, 7 September 2022, tepatnya pada pukul 07.30—15.00 WIB. Tes kesehatan yang dilaksanakan di antaranya adalah tes kesehatan mata, kesehatan telinga, kesehatan kulit, gigi, rambut, tensi serta kesehatan Hemoglobin (HB). Tes kesehatan Hemoglobin dilakukan untuk mengetahui apakah peserta didik mengidap penyakit anemia maupun hipertensi atau tidak. Tes kesehatan mata dilakukan untuk mengetahui apakah siswa tersebut menderita buta warna, rabun, katarak, ataupun penyakit lainnya. Tes kesehatan kulit dilakukan dengan mengecek apakah kulit siswa/siswi kering atau terdapat luka seperti memar maupun krusta (koreng). Selain itu ditambahkan pula tes kesehatan pada anggota badan yang lain.

sumber : M. Yasin A.

Dari data hasil screening tersebut diperoleh bahwa kesehata peserta didik tidak menunjukkan adanya penyakit yang serius. Diharapkan para peserta didik SMA Negeri 5 tetap memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan baik untuk diri sendiri maupun untuk orang disekitarnya.