Penulis : Masykur Falah | Editor : Tri Murti Wibisono, Rendi Prasetyo

Perssuara5 – Tiap minggunya warga SMAN 5 DEPOK rutin melaksanakan kegiatan “Jabar Masagi” pada hari jumat. Kegiatan Jabar Masagi di SMAN 5 DEPOK biasa di isi oleh Senam bersama,sholat dhuha bersama,& jumsih / jumat bersih,namun pada hari jumat, 2 September 2022,warga SMAN 5 DEPOK melakukan sholat dhuha bersama yang dilakukan pada lapangan utama-nya,yaitu lapangan futsal.

sumber : Ade mei

Tak hanya diikuti oleh siswa/siswi,kegiatan sholat dhuha berjamaah ini juga diikuti oleh seluruh guru & para staff sekolah, mulai dari pegawai tata usaha,pengurus masjid,dan lainnya. Tujuannya adalah untuk mendampingi para murid untuk tetap mengikuti kegiatan ini dengan semangat dan antusias.

sumber : Ade Mei

Sebelum membahas kegiatan Jabar Masagi di SMAN 5 DEPOK lebih lanjut, kalian udah tau belum sih apa itu Jabar Masagi? Kalau belum, Jabar Masagi merupakan program pendidikan berkarakter yang mengacu pada pendidikan budi pekerti yang berpijak pada nilai-nilai kearifan budaya lokal masing-masing wilayah di Jawa Barat disertai pembekalan keterampilan abad 21 untuk kemajuan generasi muda Jawa Barat ke depannya.

Kegiatan sholat dhuha bersama ini dilakukan pada jam 07.00 – 08.00 WIB. Pada kegiatan Jabar Masagi kali ini, 12 IPA 5 merupakan kelas yang bertugas.yang di pimpin oleh siswa atas nama Azka F.Y sebagai MC (master of ceremony) yang memimpin jalannya kegiatan dari awal hingga akhir. Kegiatan berlanjut hingga saatnya melaksanakan sholat dhuha bersama yang di imami oleh bapak Edi. Para warga SMAN 5 DEPOK melaksanakan sholat dengan husyuk dan tenang hingga tidak terdengar suara sedikit-pun walau seisi lapangan penuh.

sumber : Ade Mei

Setelah selesai melaksanan sholat dhuha bersama, kegiatan berlanjut dengan pembacaan kitab suci al-qur’an yang dibacakan oleh ananda Fatih & Sayyid Zaki. Mereka membacakan surat al-kahfi ayat 35-40 beserta artinya. Kegiatan berlanjut hingga akhirnya sampai pada rangkaian terakhir,yaitu kultum (kuliah tujuh menit).

Pada kultum kali ini, yang memberikan materi adalah Ibu Meilisma selaku pembimbing ekstrakulikuler ROHIS (rohani islam). Materi yang disampaikannya adalah mengenai arahan agar tidak menyia-nyiakan waktu dengan bermain gadget dan semacamnya.

sumber : Ade mei

Kegiatan telah usai, saatnya untuk para siswa/siswi kembali ke kelas masing-masing dan memulai sesi pembelajaran sesuai jadwal pada masing-masing kelas. kegiatan Jabar Masagi ini diharapkan dapat mengembangkan karakter warga SMAN 5 DEPOK,karna menurut saya kegiatan ini sudah cukup efektif. Contohnya ketika sholat dhuha ini, kita jadi bisa mendapatkan ilmu & nasehat tambahan ketika sesi kultum. Semoga kegiatan ini terus dapat memberikan dampak positif bagi para siswa/siswi.