Penulis : Bilqis aqila, Ar-rafynia Ardiansyah | Editor : Tri Murti Wibisono, Rendi Prasetyo

sumber foto : M. Yasin A.

PERSSUARA5 – Jabar Masagi menjadi jalan untuk membangun ekosistem sekolah yang berorientasi pada kebagjagaan siswa, yang tentunya berdasar pada budaya-budaya Indonesia. Gubernur Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil memiliki tujuan saat meluncurkan kegiatan Jabar Masagi, salah satunya mengembalikan budi pekerti pada kegiatan sosial dan membangun karakter diri.

Di SMA Negeri 5 Depok telah dilaksanakannya program Jabar Masagi di setiap jumat. Kegiatan yang berlangsung selama 45 menit ini menjadi upaya untuk fondasi generasi muda di Jawa Barat. Salah satu kegiatan yang telah tuntas terlaksana pada Jumat 25 Agustus 2022 yaitu senam bersama dengan seluruh warga SMA Negeri 5 Depok. Dan tentu saja nilai-nilai kearifan lokal menjadi landasan utama.

sumber foto : M. Yasin A.

Ada beberapa kegiatan Jabar Masagi di SMA Negeri 5 Depok, yang berubah di setiap minggu. Contohnya:

  1. Sholat dhuha berjamaah, Melalui pembiasaan solat dhuha dapat meningkatkan sikap disiplin peserta didik Kedisiplinan disini yaitu setiap siswa dapat mengendalikan dirinya agar tidak datang terlambat ke sekolah.
  2. Senam. Kegiatan senam Bersama di sekolah untuk menjadikan tubuh lebih sehat agar terhindar dari penyakit penyakit yang sedang berkembang di luaran.
  3. Gotong royong/membersihkan kelas. Biasanya kegiatan gotong royong di kelas untuk memberikan kenyamanan belajar kepada Siswa/i yang menempati kelas tersebut, agar tidak banyak nyamuk, sampah dan debu yang memicu penyakit dan ketidak nyamanan Siswa/i dalam kegiatan KBM.

Di masing-masing kegiatan melibatkan semua warga sekolah yang akan membentuk jiwa berAsosialisasi antara Siswa/i satu dengan yang lainnya meningkat karena adanya interaksi dan membentuk nilai moral karakter dalam diri.

sumber foto : M. Yasin A.

Secara umum, pelaksanaan Jabar Masagi tahun 2022 di SMA Negeri 5 Depok telah berjalan dengan lancar, baik, dan tidak menemukan adanya hambatan yang berarti. Arahan dari panitia, Guru yang terkait dalam Jabar Masagi terstruktur dan sistematis.

Panitia yang melaksanakan Jabar Masagi pun berubah di setiap kegiatan dan melibatkan Siswa/i SMA Negeri 5 Depok itu sendiri, untuk membangun kesiapan mental dalam tampil di depan banyak orang dan melatih mental untuk kesiapan diri berbicara di depan banyak orang.

Berbagai tanggapan tentunya muncul dari berbagai pihak yang terlibat terkait pelaksanaan Jabar Masagi di SMAN 5 Depok. Meskipun begitu, respon positif dan membangun yang didapatkan perihal program ini dinilai melebihi rata-rata. Banyak dari Siswa/i SMAN 5 Depok yang melaksanakan Jabar Masagi mengutarakan bahwa pelaksanaan Jabar Masagi merupakan sebuah langkah yang tepat dan baik untuk perkembangan sekolah, serta merupakan peluang untuk meningkatkan potensi dan karakter diri.

sumber foto : M. Yasin A.

Kegiatan Jabar Masagi adalah sebuah cetusan bagus yang sudah cukup berkembang di SMA Negeri 5 Depok. Jabar Masagi adalah momen yang bagus untuk para Siswa/i untuk lebih membangun karakter diri sendiri dan mencantumkan nilai moral dalam diri. Semoga pelaksanaan Jabar Masagi tahun 2022 di SMAN 5 Depok yang telah dilaksanakan dapat memberikan manfaat yang positif dalam jumlah yang masif untuk kemajuan SMAN 5 Depok yang progresif.